Anda sudah merencanakan berwisata santai ke Gunung Bromo tahun ini? Nampaknya Anda harus bersedia tidak melewati jalur Malang supaya bisa menjangkau puncak Gunung Bromo. Jalur tersebut ditutup oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mulai tanggal 15 Agustus sampai 15 Desember 2015. Artinya, selama empat bulan ke depan, akses wisata Gunung Bromo dari Jalur Malang ditutup.

jalur pendakian

jalur pendakian tempo

Penutupan sementara jalur Malang ini berhubungan dengan kondisi jalanan yang rusak. Akses jalan mulai dari Pos Jemplang Dusun Ngadas, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokosumo, Kabupaten Malang, sampai daerah lautan pasir Bromo atau Kaldera Bromo ditutup.

Rute sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer tersebut mengalami kerusakan berat. Kondisi jalan yang rusak berat membuat wisatawan menjadi tidak nyaman. Padahal akses melalui jalur Malang ini terbilang lebih mudah dibanding rute yang lainnya. kerusakan parah tersebut berupa jalanan berlubang dan bergelombang. Kondisi ini dikhawatirkan bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan wisatawan yang hendak menikmati Gunung Bromo.

sabana bromo

sabana bromo infobatumalang.blogspot

Melihat kondisi yang sudah parah tersebut maka pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pun bergerak untuk memperbaikinya. Perbaikan ini diperkirakan akan berlangsung selama empat bulan jika tidak ada masalah pelik yang menghambat pembangunan, tentunya tahun depan rute ini sudah bisa dibuka kembali.

Sebagai ganti jalur Malang, Anda yang tetap ingin berkunjung ke Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru selama Agustus hingga Desember 2015, sebaiknya menempuh rute melalui wilayah Kabupaten Pasuruan. Jalurnya ialah dari Purwosari ke Nongkojajar di Kecamatan Tutur. Kemudian Anda menuju Kecamatan Tosari melalui Pastepan. Jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih hanya 45 kilometer hingga ke Wonokitri dan Penanjakan. Bila Anda ingin melanjutkan acara mendaki sampai Gunung Semeru boleh melalui Kecamatan Senduro dan Kabupaten Lumajang.

Bagaimana? Sudah memutuskan untuk tetap melanjutkan petualangan atau tidak? Jika iya, hati-hati di jalan dan jaga lingkungan tetap indah ya!

Baca juga tips menarik seputar wisata lainnya seperti:

Tips liburan naik kapal pesiar

Tips liburan bersama anak-anak

Tips menjaga kesehatan ketika sedang liburan

 

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 Agustus 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

 

Incoming search terms:

  • sabana gunung bromo

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,