Di Indonesia, kereta sebagai sarana transportasi sudah ada sejak jaman Hindia-Belanda. Begitu pula dengan adanya stasiun sebagai tempat transit kereta. Stasiun kereta tua yang ada sejak dulu, masih ada yang beroperasi sampai sekarang dan menjadi objek wisata sejarah. Salah satu stasiun yang masih eksis beroperasi hingga sekarang terdapat di kota Malang. Stasiun ini sering disebut Stasiun Malang Kota Baru oleh masyakarat.

stasiun-kota-baru-malang1Stasiun Kota Baru Malang atau Stasiun Malang Kota Baru merupakan stasiun kereta api (KA) terbesar di Malang. Stasiun ini berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Trunojoyo Kecamatan Klojen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah ikon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang.

Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Disebut sebagai Stasiun Malang Kota Baru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kota Lama yang usianya lebih tua. Bangunan ini terletak pada ketinggian sekitar 444 meter dari permukaan laut. Sesuai rancangan awal, bangunan Stasiun Malang Kota Baru ini dibuat di sisi timur stasiun yang sekarang. Dengan begitu, penumpang yang baru turun dari kereta api di stasiun ini bisa langsung menikmati keindahan pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat.

stasiun-kota-baru-malangWarga Malang juga sering menyebut stasiun kereta api ini dengan “Stasiun Klojen”. Sebelum Stasiun Kota Baru Malang didirikan, warga masih banyak yang menggunakan Stasiun Kota Lama yang ada di Jalan Kol. Sugiono, Ciptomulyo Malang. Sekitar tahun 1880-an, stasiun lama ini berfungsi menghubungkan Kota Malang dengan kota-kota lain. Seiring berjalannya waktu, jumlah penumpang terus meningkat dan bangunan ini dirasa tak mampu lagi menampung penumpang. Untuk itu, akhirnya dibuat bangunan baru yang lebih besar di sisi barat emplasemen (di seberang bangunan stasiun semula). Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang. Sementara bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta & Lok Malang, difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur KA. Hingga kini, stasiun terbesar di kota Apel ini melayani dua belas jalur aktif.

Stasiun Malang terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar, kompleks SMA Tugu (SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang), Gedung DPRD Kota Malang, Balai Kota Malang, Pasar Klojen, Pasar Splendid, Splendid Inn, Hotel Tugu Inn, dan Markas Kodam V Brawijaya.

stasiun-kota-baru-malang2Lokasi Stasiun Klojen ini mudah sekali dijangkau karena letaknya sangat strategis. Akses menuju stasiun inipun sangat mudah. Pengunjung bisa mencapainya dengan naik angkutan kota (angkot) yang melintas di depan Stasiun Kota Baru Malang ini seperti ADL (Arjosari – Dinoyo – Landung Sari), AL (Arjosari – Landung Sari), AMG (Arjosari – Mergosono – Gadang), ABG (Arjosari – Jalan Borobudur – Gadang), MM (Mulyorejo – Madyopuro) dan AJG (Arjosari – Jalan Juanda – Gadang).

Jika masih ingin jalan-jalan di Malang, Anda bisa singgah dan menginap di Tugu Malang Hotel, Mutiara Hotel, Santika Premiere Malang Hotel, Hotel Wisata Tidar, Gajahmada Graha Hotel, dan lain-lain.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata dekat stasiun malang
  • tempat wisata malang dekat stasiun
  • tempat wisata dekat stasiun malang
  • stasiun malang
  • wisata malang dekat stasiun
  • stasiun kota baru malang
  • wisata dekat Stasiun malang kota baru
  • stasiun malang kota baru
  • tempat wisata dekat stasiun malang kota baru
  • stasiun kota malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,