Jembatan Suramadu sudah terkenal sampai ke mancanegara sejak mulai dibangun tahun 2003 lalu. Jembatan Suramadu kemudian diresmikan dan dibuka tanggal 10 Juni 2009 sebagai sarana transportasi untuk sarana umum. Sudah lama ya?

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu indotravelguides

Banyak orang senang dengan kehadiran jembatan ini karena mempermudah akses ke Madura. Orang-orang yang menyeberang dengan memanfaatkan akses jalan ini pun suka berhenti sebentar lalu ngeksis di sekitar jembatan dengan selfie. Kalau Anda?

Konon, dalam pembangunan Jembatan Suramadu terdapat beberapa misteri yang tak banyak orang tahu. Salah satunya adalah perihal sambungan listrik yang awalnya akan menggunakan pipa yang memanjang di bawah laut. Setelah pipa berdiameter 10 cm itu dimasukkan ke dalam air dan dalam kondisi yang sudah stabil, para pekerjanya kemudian hendak memasukkan kabel. Akan tetapi, ketika kabel hendak dimasukkan ternyata ia tersumbat sesuatu di dalam pipa. Padahal para pekerja yakin bahwa pipa yang telah dimasukkan sebelumnya bukanlah pipa sambungan dan tidak ada yang menyumbat sama sekali. Dikarenakan ada masalah tersebutlah, maka kabel listrik di Jembatan Suramadu tersebut ditanam di dalam badan jembatan. Persisnya di jalur motor. Kira-kira apa ya yang menyumbat?

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu Junggaluh.wordpres

Yah, terlepas dari misteri tersebut, Jembatan Suramadu telah menjadi jalan alternatif untuk kendaraan besar, seperti truk dan tronton agar dapat mencapai Madura. Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini membuka empat jalur dengan dua arah selebar 3,5 meter untuk masing-masing jalur ditambah dengan adanya dua jalur darurat selebar 2,75 meter. Di Jembatan ini juga disediakan lajur khusus untuk pengendara motor di setiap sisi luar jembatan.

Kalau Anda hendak menuju Madura, Anda bisa saja melalui Jembatan Suramadu. Kalaupun Anda ke Madura menggunakan kapal fery, Anda tetap bisa menyaksikan Jembatan Suramadu dari kejauhan selama melintasi selat Madura, sebab Jembatan Suramadu menghubungkan Jawa Timur dengan Madura membentang di atas Selat Madura juga. Dengan posisinya yang berada di antara dua pulau. Anda sudah bisa memastikan bahwa pemandangan di sekelilingnya juga cukup menarik sebagai latar belakang selfie.

Ngeksis sebentar di Jembatan Suramadu sebelum sampai ke Madura boleh juga kan? Sebagai kenang-kenangan perjalanan Anda yang menyenangkan. Sebelum menyeberang ke Madura, mampir dulu ke beberapa objek wisata di Surabaya seperti Bromo, Monumen Chairil AnwarMonumen Juang 45.

Hotel murah di Surabaya, Hotel Bisanta Bidakara, Novotel Surabaya Hotel, Inna Simpang Surabaya

Lokasi Jembatan Suramadu

Lihat peta  

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

 

Incoming search terms:

  • jembatan suramadu ambruk 2015
  • jarak hotel inna simpang ke jembatan suramadu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,