Surabaya sebagai salah satu kota besar di Indonesia memiliki berbagai sarana dan prasarana transportasi yang nyaman. Salah satunya adalah kereta api, keberadaan KA tak pernah lepas dari stasiun.

Jaringan jalan kereta api di wilayah Surabaya yang dikelola Daerah Operasi VIII merupakan pusat dari jaringan kereta api wilayah Timur Jawa. Dari stasiun-stasiun besar di Surabaya yaitu Stasiun Kota , Stasiun Pasar Turi , Stasiun Gubeng dan Stasiun Wonokromo menyebar jaringan jalan kereta api ke seluruh wilayah Jawa Timur, jaringan Surabaya – Jakarta lewat Pantura dan selatan serta jaringan Surabaya – Bandung. Selain Stasiun besar tersebut, berikut ini adalah 2 stasiun kecil namun berpengaruh besar terhadap kelancaran akses perjalanan kereta api di Jawa Timur

Stasiun Tandes

Stasiun Tandes (TES) adalah stasiun kereta api kelas 3 yang terletak di Kelurahan Tandes Lor, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Stasiun yang berketinggian +2 m ini terletak di jalur utara yang dikelola oleh Daerah Operasi VIII Surabaya. Terdapat 2 jalur kereta dengan jalur 2 sebagai sepur lurus (sepur utama). Stasiun Tandes memiliki peron tengah yang miring, bukan karena tanahnya amblas, tapi sengaja dibuat miring karena disesuaikan mengikuti ketinggian pintu kereta yang posisinya miring karena Stasiun Tandes merupakan Stasiun lengkung yang jalurnya bila dari arah timur menikung ke kanan, sehingga rel dibuat miring sedemikian rupa agar kereta tetap dapat berjalan dengan kecepatan tinggi di tikungan. Stasiun Tandes masih menggunakan sistem persinyalan mekanik.

Beberapa rute kereta api yang beroperasi di Stasiun Tandes Surabaya antara lain adalah KRD Komuter Sulam rute Surabaya Pasarturi – Lamongan, KRD Bojonegoro rute Surabaya Pasarturi – Bojonegoro, KRD Babat jalur Surabaya Pasarturi – Babat dan juga Cepu Ekspress ke Surabaya Pasarturi – Cepu.

Stasiun Kandangan

Stasiun Kandangan (kode stasiun: KDA) adalah stasiun kereta api kelas 3 yang terletak di Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Stasiun yang berketinggian +2 m ini terletak di jalur utara yang dikelola oleh Daerah Operasi VIII Surabaya. Terdapat 5 jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus (sepur utama). Pada jalur 5 terdapat rangkaian gerbong barang yang sudah tidak dipakai lagi. Di sebelah barat stasiun terdapat percabangan jalur KA menuju Gresik. Stasiun Kandangan dulunya pernah melayani angkutan hewan ternak dengan gerbong khusus angkutan hewan ternak (VR atau VVW), namun sekarang pelayanan tersebut terhenti disebabkan oleh krisis 1997. Terdapat jalur khusus hewan ternak menuju Karantina Hewan Banjarsugihan yang terletak tepat di sebelah selatan stasiun, namun sudah tidak digunakan lagi semenjak layanan angkutan hewan ternak di stasiun tersebut terhenti.

Kereta Api yang beroperasi di Stasiun Kandangan adalah KRD Sulam rute Surabaya Pasarturi – Lamongan, KRD Bojonegoro jalur Surabaya Pasarturi – Bojonegoro dan KRD Babat yang melewati Surabaya Pasarturi – Babat.

Selain itu cek juga rute bus kota di Surabaya, rute mikrolet dan terminal di Kota Pahlawan. Selama di Ibukota Jawa Timur ini Anda dapat memilih beberapa hotel sebagai tempat penginapan, di antaranya adalah Novotel Surabaya Hotel, Mercure Surabaya Hotel atau Santika Surabaya.

Lokasi Tandes View Larger Map

Lokasi Kandangan View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • stasiun tandes
  • stasiun kandangan
  • Stasiun Kandangan Kota SBY Jawa Timur
  • Stasiun Tandes Surabaya City East Java

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,