Anda menyukai wisata bahari ? di Surabaya kita dapat menemukan tempat yang tepat untuk wisata tersebut, salah satunya Pelabuhan Kalimas. Disini Anda dapat merasakan kejayanan maritim pada masa lalu. Pelabuhan tersebut letaknya tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Perak yang berada di Jalan Kalimas.

Awalnya Pelabuhan Kalimas merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia sejak jaman Kerajaan Majapahit abad ke 14. Hingga semasa pendudukan Belanda (1746), pelabuhan yang diyakini sebagai cikal-bakal peradaban Kota Surabaya ini akhirnya dipindah tahun 1910 atas prakarsa Ir. W B Van Goor. Pemindahan tersebut didasari atas terkendalanya bongkar muat barang. Bongkar meliputi hasil pertanian dan perdagangan yang keluar masuk melalui jalur Kalimas. Sulitnya akses menuju Pelabuhan Kalimas yang berdekatan dengan Jembatan Merah tersebut disebabkan oleh lebar dan luas sungai tidak sesuai untuk kapal berukuran besar sehingga kapal tidak dapat masuk hingga ke tengah kota.

Pelabuhan Kalimas, pada mulanya membentang sepanjang Sungai Kalimas dari hilir hingga pelabuhan utama. Pada masa kejayaannya (1870-1930) jumlah kapal yang berlabuh dan melakukan aktivitas bongkar muat mencapai 300 kapal dalam sehari. Pada umunya kapal-kapal tersebut membawa muatan dengan tujuan ke seluruh nusantara hingga Eropa. Namun pasca 1930-an, penurunan aktivitas terjadi seiring mulai berfungsinya Pelabuhan Tanjung Perak dan semakin baiknya moda transportasi darat.

Saat ini, pelabuhan Kalimas berganti nama menjadi Pelabuhan Pelayaran Rakyat (Pelra) Kalimas yang berdiri di atas lahan seluas 5,2 hektar. Pelabuhan ini dilengkapi dengan gudang penyimpanan seluas 6.180 meter persegi dengan panjang 2.270 meter yang menampung puluhan kapal.

Aktivitas di pelabuhan yang sarat akan sejarah itu dapat Anda rasakan hingga saat ini. Anda bisa melihat aktivitas para pekerja membongkar dan memuat barang. Sesekali terdengar suara mandor mengatur para pekerja, Agar muatannya berada di tempat yang seharusnya. Aktivitas ini sudah terjadi sejak berpuluh atau ratusan tahun lalu. Selain itu wisatawan dapat menyaksikan kapal Pinisi yang merupakan kapal khas Makasar.

Anda dapat melihat secara langsung Kapal Pinisi ini dari jarak dekat serta merasakan tekstur kayu badan kapal. Tak hanya itu, kita juga berkesempatan menaikinya dengan ijin dari awak kapal. Rasakan nuansa sejarah dari bentuk, suasana diatas kapal, serta tengok apa yang ada di sekitar kapal mulai dari ruangan para awak hingga nahkoda. Sentuhlah tiang penyangga kapal yang kokoh dan bayangkan bagaimana rasanya menaiki kapal ini di tengah laut lepas.

Latih kemampuan fotografi Anda untuk mengambil objek dan mengabadikan momen ini. Ajaklah serta para awak kapal sebagai bentuk penghargaan atas kerelaan mereka melestarikan kapal yang melegenda itu. Suatu kebanggan dapat melihat kapal bersejarah itu dari dekat, terlebih mengingat kapal jenis Pinisi menjadi kebanggan bangsa Indonesia karena telah mengikuti berbagai ajang kompetisi maritim dunia.

Bagi Anda yang ingin wisata bahari ke Pelabuhan Kalimas, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada pagi hari. Selain merasakan hembusan angin laut, Anda dapat perlahan merasakan kehangatan mentari yang mulai menampakkan cahayanya.

Tak ada salahnya wisata Anda lanjutkan disekitar Pelabuhan Kalimas dengan mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak, Monumen Jalesveva Jayamahe serta Jembatan Suramadu.

Lengkapi liburan Anda dengan menginap di hotel seperti Fave Hotel MEX, Somerset Surabaya Hotel and Serviced Residence atau Java Paragon and Residences

How to Get There :

Pelabuhan Kalimas yang berada diantara Jalan Prapatan Kupang dan Jalan Mirah. Dapat ditempuh melalui Terminal Bungurasih (Purabaya). Anda bisa menggunakan bus kota menuju Tanjung Perak yang berhenti di Jalan Prapatan Kupang. Dari situ cukup berjalan kaki karena lokasi pelabuhan hanya beberapa meter saja.

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • jembatan petekan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,