Pernahkah Anda mendengar adanya sebuah bandara berkonsep green airport di Indonesia? Di luar negeri, bandara berkonsep green airport sudah banyak, terutama Kanada. Nah, Indonesia akan segera memilikinya, saat ini sedang dibangun di wilayah Banyuwangi.

Penasaran seperti apa sih sebenarnya bandara berkonsep green airport tersebut? Singkatnya terminal bandara didesain tanpa mesin pendingin ruangan melainkan memanfaatkan sejumlah sirkulasi udara. Sirkulasi udara akan diatur sedemikian rupa dengan kisi-kisi dan akan lebih banyak tersedia ruang terbuka.

ilustrasi green airport

ilustrasi green airport adp-i

Selain tidak memanfaatkan mesin pendingin udara, bandara berkonsep green airport terminalnya akan memanfaatkan pencahyaan dari sinar matahari. Atap akan dibuat tembus pandang sehingga cahaya bisa menerobos masuk, ruang terbuka juga akan membantu sirkulasi cahaya menjadi lebih mendominasi ruangan.  Di sekeliling dan atas terminal akan tumbuh tanaman hijau. Konsep ini merupakan pengembangan dari perencanaan pariwisata berkonsep ekowisata yang sedang digalakkan oleh pemerintahan mulai 2015.

Bangunan nantinya juga akan didominasi oleh nuansa kayu dan bambu. Kontruksi beton akan diminimalkan. Hal itu sengaja dikondisikan agar kesan alami bisa lebih terasa.

ilustrasi airport city

ilustrasi airport city ainonline

Rencananya terminal baru Bandara Blimbingsari di Banyuwangi nantinya mampu menampung sekitar 250 ribu orang penumpang. Dilengkapi dengan 10 konter layanan sebagai antisipasi perkembangan beberapa tahun ke depan. Saat ini panjang landasan baru 1.800 meter, rencananya akan sampai pada angka 2.250 meter..

Potensi bandara hijau Blimbingsari Banyuwangi ini sedang terus dievaluasi agar dapat dilakukan pengembangan yang sesuai sasaran. Sebagai traveller, Anda tentunya bangga jika  daerah Banyuwangi akan memiliki bandara berkonsep hijau dan akan menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan konsep tersebut.

Kalau ada waktu, Anda bisa mampir dan menjadi saksi kehadiran “wajah baru” Bandara Blimbingsari tersebut!

Alamat

Blimbingsari, Rogojampi, Kec. Banyuwangi

Akses

Bisa melalui jalur Pantura—Situbondo atau melalui Jl. Pantai Blimbingsari ke Jl. Blimbingsari Airport dari kota Banyuwangi dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Peta

Lihat peta

 

Baca juga informasi wisata lainnya seperti menyambangi tiga pantai di pacitan, tips memotret di dalam air,  dan menangkap momen dengan teknik freezing.

Hotel murah di sekitar Surabaya, ada Santika Surabaya, Sahid Surabaya, Surabaya Plaza Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 27 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,