1. Candi Jago

candi jago

candi jago jonosbrothers.wordpress

Candi Jago sangat unik, dinding candi dihiasi dengan pahatan padma (teratai)  yang menjulur dari tangkainya. Bangunan candi menghadap ke barat. Diperkirakan pembangunan Candi Jago adalah untuk tempat pemujaan arwah leluhur. Candi jago dipenuhi dengan relief yang terpahat rapi, sampai hari ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai arti dari relief-relief tersebut, mulai dari kaki smapai ke  dinding ruang teratas.

Alamat

Jl. Raya Kauman, Tumpang, Jawa Timur

Akses

Anda bisa menjangkau lokasi dari Tumpang menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 15 menit melalui Jl. Raya Slamet

Peta

Lihat peta

2. Candi Jawi

candi jawi

candi jawi media.afar

Pembangunan candi ini terkait erat dengan raja terakhir kerajaan Singasari yaitu Kertangegara. Candi ini dibangun sebagai tempat ibadah bagi umat Syiwa—Buddha. Candi Jawi dikelilingi oleh parit yang diisi oleh bungan teratai. Candi ini berbentuk ramping mirip seperti Candi Prambanan. Keunikan candi ini ialah terbuat dari campuran antara batu putih dan batu berwarna gelap. Di kaki candi terpahat relief yang mengisahkan seorang wanita pertapa. Terdapat juga pahatan yang rumit di pipi kiri dan kanan tangga menuju selasar. Pada tangga terdapat arca binatang bertelinga panjang.

Alamat

Jl. Raya Bogem, Prigen, Jawa Timur

Akses

Anda bisa menjangkau lokasi dari Prigen dalam waktu kurang lebih 10 menit melalui Jl. Raya Prigen

Peta

Lihat peta

Incoming search terms:

  • kerajaan singasari
  • peninggalan kerajaan singasari
  • peninggalan kerajaan singosari
Tampilkan Index Artikel/Berita ini [+]
Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,