Bosan menunggu jadwal kereta di Stasiun Kota Baru Malang? Tak usah khawatir, sebab di stasiun ini Anda bisa memanfaatkan waktu dengan mengunjungi beberapa area yang menarik. Mulai dari sentra kuliner dan jajanan khas, hingga Monumen Juang 45 yang merupakan ikon pengobar semangat patriotisme di kota Malang. Penasaran?

monumen-juang-

Monumen Juang 45 flickr

Monumen Juang 45 terletak di Jalan Kertanegara, tepat berada di depan Stasiun Kota Baru Malang. Monumen yang dibangun pada 20 Mei 1975 ini dibuat untuk mengingat kembali sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Selain itu juga merupakan pembangkit semangat patriotisme anak-anak muda di kota Malang ketika berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Monumen Juang 45 berbentuk patung berwarna tembaga dan terbuat dari semen dengan 19 patung kecil dan 1 patung raksasa berukuran sangat besar. Monumen tersebut berdimensi 10 x 40 meter dengan panjang pondasi 6,90 meter, panjang patung 3,30 meter dan tinggi 2 meter. Jika digabung dengan patung tertinggi, maka total keseluruhan tingginya mencapai 5 meter. Bangunan ini berada di atas kolam dengan beberapa air mancur di sekelilingnya. Terdapat delapan pagar di bagian tepinya sebagai simbol budaya Jawa. Sementara di sisi luar kolam terdapat ornamen bunga teratai yang mengelilingi bangunan monumen.

Monumen Juang 45 melambangkan matinya keangkaramurkaan para penjajah Jepang dan Belanda oleh perjuangan rakyat Indonesia. Patung raksasa digambarkan sebagai simbol kolonialisme (Belanda) yang saat itu menjajah negara kita, sedangkan 19 patung-patung kecil lainnya sebagai simbol rakyat jelata. Tak hanya patung, di monumen ini juga terdapat relief yang menarik untuk ditelusuri. Relief-relief yang mengelilingi bangunan monumen tersebut menggambarkan tentang perjuangan pada masa Perang Kemerdekaan dari tahun 1945 sampai dengan 1949 di kota Malang. Pada sisi timur terdapat relief Sukarno-Hatta dan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di sisi utara ada relief yang menggambarkan kekejaman penjajah Jepang dan Belanda. Di sisi barat dan selatan menggambarkan pertempuran rakyat Indonesia melawan penjajah.

monumen-juang-45

Monumen Juang 45 oktavianne.wordpress

Untuk mencapai Monumen Juang 45 aksesnya sangat mudah. Anda tinggal menuju Stasiun Kota Baru Malang dan dengan mudah akan menemukan monumen ini. Sebab letaknya berada tepat di depan stasiun. Tak jauh dari Monumen Juang 45 ini terdapat beberapa lokasi menarik untuk dinikmati antara lain Taman Cerdas Trunojoyo, Balaikota Malang, Alun-alun Bunder atau Taman Tugu, dan Monumen Chairil Anwar. Selama berlibur di kota Malang, Anda bisa singgah di hotel terdekat seperti Tugu Malang Hotel, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau  Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi.

View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.
    
Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • patung di malang
  • patung pahlawan 45

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,