Siapa yang tak suka musik? Hampir setiap hari alunan nada atau lantunan lagu itu menemani aktivitas kita. Namun tahukah Anda bagaimana dan seperti apa perjalanan musik yang ada di Indonesia dan dunia?  Museum Musik Indonesia yang ada di Malang bisa menjawabnya. Bagi Anda penggemar musik, museum ini wajib dikunjungi.

Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia museummusikindonesia

Museum Musik Indonesia (MMI) terletak di Perumahan Griyashanta Malang dan diresmikan pada 1 Januari 2013. Museum tersebut didirikan oleh komunitas pecinta musik bernama Galeri Malang Bernyanyi (GMB). Pada era 1970-an perkembangan musik di Indonesia memang tak bisa dilepaskan dari kota Malang. Banyak musisi lahir di kota apel ini, bahkan beberapa diantaranya cukup disegani di blantika industri musik Indonesia. Sebut saja Donny-Pras, Ian Antono yang merupakan gitaris dari band rock legendaris God Bless, dan Sylvia Saartje yang dikenal sebagai seorang lady rocker pertama di Indonesia. Beberapa artis tenar Indonesia seperti Ian Antono, Ahmad Albar, Sylvia Saartje, Anang dan Ashanty, White Shoes and the Couple Company, Burger Kill, dan lainnya juga pernah mengunjungi Museum Musik Indonesia di Malang ini.

Saat memasuki museum, pengunjung akan langsung disuguhi berbagai koleksi menarik di dalamnya. Di sepanjang dinding ruangan, berjajar rapi rak-rak berisi piringan hitam, kaset, CD, dan berbagai majalah musik lengkap. Ada juga beberapa koleksi langka yang hanya dapat ditemui di museum ini. Saat ini koleksi Museum Musik Indonesia telah mencapai sekitar 15.000 benda yang terkait dengan musik.

Museum Musik Indonesia

Koleksi Cassette Music Irockumentary

Koleksi tersebut antara lain Piringan Hitam (PH), kaset, vinyl, turn table atau alat untuk memutar piringan hitam lengkap dengan seperangkat soundsystem, instrumen, memorabilia, foto, poster, majalah, buku, kliping tulisan, berbagai rekaman dari mancanegara, sampai berbagai jenis alat musik baik tradisional maupun modern. Ada pula tape player, CD, VCD maupun DVD player yang dilengkapi dengan layar monitor, terpampang rapi di dinding. Ribuan koleksi itu bisa dijadikan referensi bagi para penikmat dan pecinta musik. Bahkan Anda boleh meminta ijin pada petugas untuk diputarkan musik dari berbagai piringan hitam, kaset, maupun CD. Anda bisa mendengarkan musik-musik lawas dari jaman dahulu.

Oya, selain menyimpan berbagai koleksi musik lama, Galeri Malang Bernyanyi (GMB) juga memiliki agenda rutin yakni festival band se-Malang Raya. Tak hanya itu, ada juga program charity berlabel G.2000 yang bertujuan untuk menyelamatkan aset piringan hitam di Lokananta yang mencapai 20.000 buah dan tidak ber-cover. Tak ketinggalan pula acara “store day” yaitu acara bertemunya para kolektor, penjual kaset, VCD, poster, piringan hitam, dan berbagai komunitas se-Malang Raya. Tak pelak event ini pun menjadi ajang berbagi ilmu serta berburu barang-barang unik dan bersejarah untuk dikoleksi.

Untuk mencapai Museum Musik Indonesia, aksesnya tidak terlalu sulit. Terletak di Perumahan Griyashanta Blok G No. 407 Malang, museum ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Adapun yang dapat kita jadikan patokan adalah tugu pesawat Sukarno-Hatta ke barat. Setelah itu Anda akan menemui perempatan, belok ke kanan dan ikuti saja jalan itu. Letak museum ada di pojokan jalan.

Kunjungi pula museum-museum menarik lainnya di kota Malang seperti Museum Brawijaya, Museum Pendidikan, Museum Bentoel, Museum Malang Tempoe Doeloe, dan lain-lain. Selama liburan di kota apel ini, Anda dapat beristirahat di Griyadi Montana Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, Mutiara Hotel, atau  Hotel Trio Indah.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 6 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,