Hampir semua orang tahu bahwa Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Tak hanya kota gudeg itu, kota Malang pun medapatkan julukan yang sama. Tak heran jika di kota apel ini bisa kita jumpai beberapa fasilitas pendukung yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Salah satunya yaitu Museum Pendidikan.

museum pendidikan malang

Museum Pendidikan Malang panjivacation.blogspot

Museum Pendidikan Kota Malang berada di kawasan Malang International Education Park (MIEP) Tlogowaru, kota Malang. Tepatnya berada di samping kampus Politeknik kota Malang (Poltekom). Didirikan oleh Pemerintah kota Malang pada tahun 2010, museum ini diisi dengan segala hal yang berkaitan dengan proses pendidikan di tanah air. Dari proses pendidikan yang masih tradisional hingga modern seperti saat ini lengkap disertai dokumentasinya.

Saat ini Museum Pendidikan telah memiliki sekitar 200 koleksi. Di sini terpajang benda-benda mulai dari peralatan tulis menulis jaman dulu seperti daun lontar, sabak, grif, buku-buku kuno, balllpoint, kertas, mesin ketik, hingga komputer. Bangku sekolah dan alat tranportasi yang dipakai untuk menimba ilmu seperti sepeda angin juga dipamerkan di museum ini. Selain itu ada juga peralatan kerja para guru seperti sepeda kuno dan tas.

Memasuki ruangan museum, pengunjung bisa menyaksikan beragam koleksi yang tertata rapi. Pandangan pertama yang menarik perhatian adalah koleksi foto kepala daerah kota Malang sejak masa kolonial Belanda, yakni Bussemaker hingga kepala daerah sekarang, Peni Suparto. Di samping kanan kiri, berderet manekin anak-anak mengenakan baju adat berbagai daerah. Ada baju adat Nusa Tenggara Barat, Maluku, Aceh, dan daerah lainnya. Tak hanya itu, ada pula peralatan permainan tradisional, dan berbagai foto pahlawan pendidikan.

museum pendidikan malang

Museum Pendidikan Malang Wego

Masuk lebih dalam lagi, terdapat lebih banyak hal menarik yang bisa dilihat. Salah satunya adalah sabak, yakni alat tulis yang pernah sangat populer di masa lampau. Sabak terbuat dari batu yang sekarang berkembang menjadi buku. Selain sabak, ada pula grip yang merupakan anak batu tulis untuk menulis di sabak. Di tengah-tengah ruangan terdapat beberapa meja tua yang di atasnya terdapat sejumlah mesin ketik kuno. Di sudut kiri ruangan, terdapat manekin orang dewasa yang memakai baju dinas guru dari masa ke masa. Mulai dari guru berbaju kebaya, guru dengan baju kolonial, hingga guru dengan baju seragam PNS masa kini. Di samping manekin guru, berderet bangku dan meja sekolah. Bangku-bangku ini berbeda dari yang lazim dijumpai saat ini, di mana kursi dan bangku menyatu dengan meja yang lebar.

Tak ketinggalan, sepeda onthel khas zaman Belanda yang dulu sering dipakai guru ke sekolah juga ada di sini. Kekhasan sepeda itu terlihat dari tempat air minum yang menempel di sepeda dengan tempat barang di kanan dan kiri sepeda. Benda-benda khas lainnya yang ada di museum itu seperti lampu berbagai zaman mulai dari cempluk, ublik, hingga lampu tempel. Ada juga keramik dari berbagai masa sebagai simbol perkembangan kota Malang. Keramik ini didapatkan dari sumbangan istri wali kota Malang tahun 1998-2003, Suyitno. Benda bersejarah milik keluarga Rokok Djagung, yaitu sebuah telepon kuno juga menghiasai museum ini.

Untuk mencapai Museum Pendidikan, aksesnya cukup mudah. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju Komplek Malang International Education Park (MIEP) di Tlogowaru. Letak museum berada persis di samping kompleks pendidikan tersebut. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik mikrolet kode AL atau AJG dari Terminal Arjosari. Dari Stasiun Kota Baru Malang, lokasi museum juga tak jauh, sekitar 7,7 km, Anda bisa naik ojek dari stasiun ini untuk sampai di lokasi.

Kunjungi pula museum-museum menarik lainnya di Malang seperti Museum Brawijaya, Museum Musik Indonesia, Museum Bentoel, Museum Malang Tempoe Doeloe, dan lain-lain. Selama liburan di kota apel ini, Anda dapat beristirahat di Griyadi Montana Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, Mutiara Hotel, atau  Hotel Trio Indah.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  14  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,