Bagi Anda penggemar sastra, pasti tahu dengan sosok Chairil Anwar. Ya,  penyair yang terkenal dengan sajak berjudul “Aku” ini merupakan salah satu sastrawan Indonesia yang cukup populer hingga kini. Di kota Malang terdapat patung Chairil Anwar yang patut untuk dikunjungi. Penasaran?

Monumen Chairil Anwar

Monumen Chairil Anwar machmudjunus.wordpress

Patung Chairil Anwar berada di sebuah taman kecil di depan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus (yang didirikan pada 1905) dan di dekat Toko Oen (yang dibuka sejak 1930). Lokasinya sangat dekat dengan Alun-alun Kabupaten di Jalan Merdeka. Bila Anda melewati pertigaan Jalan Basuki Rahmad dan Jalan MGR Sugiono Pranoto pasti akan menemui patung tersebut.

Chairil Anwar atau yang dikenal sebagai Si Binatang Jalang sendiri merupakan penyair terkemuka Indonesia. Ia dilahirkan di Medan, Sumatera Utara, pada 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta pada 28 April 1949 pada umur 26 tahun. Ia bersama Asrul Sani dan Rivai Apin dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan 45 dan puisi modern Indonesia.

Keberadaan patung Chairil Anwar di kota Malang tidak terlepas dari kenangan dan perannya di kota apel ini pada tahun 1947. Saat itu, kota Malang ditunjuk sebagai tempat Sidang Pleno Kelima Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), cikal bakal lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia. Sidang tersebut digelar pada tanggal 25 Februari hingga 6 Maret 1947 dan bertempat di bekas gedung Societiet Concordia zaman Belanda. Sekitar 4 bulan kemudian gedung tempat Sidang Pleno KNIP ini hancur saat terjadi Agresi Militer Belanda I. Di kisaran waktu itulah Chairil Anwar berada di Malang dan menggubah puisi berjudul ‘Sorga’ (bertanggal 25 Februari 1947), ‘Sajak Buat Basuki Resobowo’ (bertanggal 28 Februari 1947) dan ‘Dua Sajak buat Basuki Resobowo’ (bertanggal 28 Februari 1947).

Patung Chairil Anwar dibangun atas gagasan seorang pemuda bernama Achmad Hudan Dardiri.  Ia adalah seorang intelektual dan mantan pejuang dari Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP)  yang menyukai puisi serta pengagum berat Chairil Anwar. Dengan diketuai oleh Achmad Dardiri, akhirnya patung torso ini dibuat oleh perupa Widagdo di atas pedestal yang bertuliskan sajak “Aku” yang terkenal itu. Monumen Chairil Anwar kemudian diresmikan oleh walikota Malang, M. Sardjono Wirjohardjono, pada 28 April 1955. Patung ini sengaja dibangun di tengah-tengah poros jalan utama waktu itu yaitu di Jalan Kayutangan sebab letaknya sangat strategis. Namun sejak tahun 1969, Jalan Kayutangan telah diubah menjadi Jalan Letjen Basuki Rachmad.

Monumen-Chairil-Anwar

Monumen Chairil Anwar asmarie.blogdetik

Menariknya, sampai saat ini patung penyair besar ini hanya ada dua saja di Indonesia. Yakni di Malang dan di Taman Monas Jakarta yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta R. Suprapto pada tanggal 21 Maret 1986. Di Taman Monas ini tersimpan bersama patung sejumlah tokoh pahlawan lainnya, seperti Moh. Yamin. Bedanya Monumen Chairil Anwar di Kota Malang ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang dibangun di kawasan tengah kota.

Oya, puisi berjudul “Aku” merupakan salah satu puisi Chairil Anwar yang menggambarkan semangat perjuangan seorang seniman lewat karya sastranya. Puisi ini dapat Anda baca di bagian bawah dari patung Chairil Anwar yang ada di kota Malang.

Untuk mencapai Monumen Chairil Anwar ini sangat mudah. Terletak di pusat kota Malang atau dekat alun-alun kota, monumen ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari Stasiun Kota Baru Malang tinggal jalan kaki atau naik angkot yang banyak melintas di depannya. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tinggal arahkan kendaraan Anda menuju pusat kota Malang atau kawasan alun-alun kota Malang. Dari sini, dengan mudah Anda akan menemukan toko ini.

Puas nostalgia dengan sajak “Aku” nya Chairil Anwar, kita bisa mampir ke Toko Oen untuk mencicipi es krim yang lezat. Bisa juga mengunjungi Alun-alun kota Malang, Gedung Balai Kota Malang, Monumen Juang 45, Pasar Splendid, atau Taman Trunojoyo yang tak jauh dari lokasi. Selama berada di kota Malang, kita bisa beristirahat di hotel terdekat seperti Tugu Malang Hotel, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, Ollino Garden Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,