Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur yang berada di tepi pantai utara Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Selat Madura di utara, sedangkan di timur berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Grseik. Secara geografis Surabaya terletak pada ketinggian 3-6 M di atas permukaan laut, sehingga apabila anda belum pernah berkunjung di Surabaya maka anda akan merasa suhu udara panas dan nuansa tanah yang kering.

Nama Surabaya sendiri diambil sesuai dengan etimologinya yang berasal dari kata Sura dan Boyo, Sura adalah jenis ikan hiu, sedangankan boyo adalah bahasa jawa yang artinya buaya. Kekuatan dua hewan yang merupakan binatang paling kuat, merupakan mitos yang kemudian menjadi symbol kota Surabaya hingga sekarang. Surabaya disebut juga sebagai kota pahlawan, sebutan ini ketika masyarakat Surabaya melawan Belanda pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1940-an.

Perekonomian di Surabaya maju dengan pesat, Surabaya adalah kota Metropolis terbesar kedua setelah Jakarta dengan keanekaragaman dan khasanah budaya, serta sebagai pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan.

Surabaya dihuni oleh banyak etnis dari berbagai suku di nusantara dan suku bangsa asing, yang semakin menjadikan Surabaya sebagai kota multi etnis serta patut dibanggakan, etnis nusantara yang menghuni Kota Surabaya mulai dari suku Jawa, Batak, Tionghoa, Madura, Bugis, Sunda, serta Bali. Sedangkan suku bangsa asing yang juga banyak menghuni adalah kota Surabaya adalah Malaysia, Cina, India Arab bahkan Eropa.

Bahasa sehari-hari yang banyak digunakan adalah bahasa jawa, bahasa jawa menjadi penghubung bahasa bagi penduduk pribumi maupun suku jawa pada umumnya. Kekayaan budaya dari berbagai etnis dan suku yang ada di Surabaya tidak berpengaruh terhadap keaslian berbagai ragam budaya asli Surabaya itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kesenian yang masih dilestarikan, seperti wayang, ludruk, tari remo serta masih banyak kebudayaan khas jawa lainnya.

Kekhasan budaya asli tak pelak mengundang banyak wisatawan di sektor pariwisata, untuk berkunjung ke Surabaya. Di Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang memikat, mulai dari objek wisata alam, wisata malam, wisata sejarah dan pendidikan, serta kuliner, dan masih banyak lagi.

Wisata alam meliputi ekowisata hutan mangrove di wonorejo dan hutan gunung anyar, pantai kenjeran, kebun binatang Surabaya, pelabuhan Kalimas, perkemahan Jurang Kuping, serta masih banyak lagi potensi wisata yang menarik di Surabaya. Untuk wisata malam Surabaya menyediakan banyak tempat untuk dapat dinikmati pada malam hari terutama malam minggu, mulai dari Kawasan Grand City G-Walk, Taman Bungkul, Taman Skate BMX, serta Loop.

Sejarah panjang kota pahlawan juga menyisakan peninggalan berharga yang pantas dilestarikan baik bangunan, benda atau alat perang, yang saat ini dijadikan wisata sejarah di Kota Surabaya yang meliputi Tugu Pahlawan, Hotel Yamato, Museum Empu Tantular, Monkasel (monument kapal selam). Wisata kuliner Surabaya juga bervariasi seperti, rujak uleg, rawon, nasi bebek, kupang lontong, longtong balap dan masih banyak lagi.

 

Hotel Terdekat :

Novotel Surabaya Hotel

Hotel Utami

Hotel Tilamas

Peta Lokasi :

View large map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,