foto: www.inijie.com

foto: www.inijie.com

Menghabiskan liburan dengan mengunjungi museum mungkin akan terasa membosankan bila dibandingkan dengan jalan-jalan naik kendaraan favorit. Namun tidak demikian jika Anda berkunjung ke Museum Angkut yang ada di Malang. Berkunjung ke tempat ini dijamin tak kalah mengasyikkan dengan berkeliling atau jalan-jalan naik kendaraan secara langsung. Penasaran?

foto: www.cartermobilmalang.com

foto: www.cartermobilmalang.com

Museum Angkut atau yang bernama lengkap Museum Angkut Plus Movie Star Studio merupakan konsep wisata pertama yang terdapat di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Kota Wisata Batu, Malang, obyek wisata ini berada di lingkup manajemen Jawa Timur Park Group, termasuk Batu Secret Zoo dan Batu Night Spectacular. Meski baru diresmikan pada awal tahun 2014 lalu, Museum Angkut sudah ramai pengunjung. Dari kejauhan, tampilan gedungnya sangat menarik dan membuat penasaran setiap pengunjung.

Daya tarik utama museum ini adalah koleksi aneka mobil dan kendaraan bermotor historis hingga masa kini. Uniknya, berbagai alat transportasi tersebut ditampilkan dengan background atau latar suasana negara asalnya. Tak hanya seru, wisatawan juga bisa mendapat banyak pengetahuan di museum ini. Kita bisa mengetahui sejarah dan informasi dari setiap kendaraan yang ditampilkan melalui tulisan maupun layar sentuh interaktif. Berkeliling museum seluas 3,8 hektar ini, Anda seolah diajak berpetualang mengunjungi berbagai negara di belahan dunia.

Ada 11 zona museum yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Antara lain Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Gangster dan Broadway, Zona Uni Eropa, Zona Inggris, Zona Las Vegas, Zona Prancis, Zona Italia, Zona Pasar Apung Nusantara, dan Zona Hollywood yang menghadirkan replika para tokoh-tokoh film terkenal Hollywood beserta dengan angkutan favoritnya. Serunya, di setiap pergantian zona ditandai dengan tulisan seperti ketika berada di bandara, sehingga seolah-olah kita melakukan penerbangan ke tempat tersebut.

foto: www.batuvilla.com

foto: www.batuvilla.com

Di Zona Sunda Kelapa dan Batavia, pengunjung bisa melihat Jakarta tempo dulu dengan alat transportasinya. Anda akan dibawa mampir ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan Stasiun Jakarta Kota berlatar era penjajahan Belanda. Kita juga akan diajak mengunjungi benua Eropa lengkap dengan latarnya. Misalnya, di Inggris dengan mobil-mobil klasiknya. Jerman beserta suasana kota yang dilengkapi Mercedes dan Volkswagen terparkir di setiap sudut, serta Italia dengan kendaraan Fiat dan Vespa-nya.

Di Zona Hollywood, para penggemar film bakal dimanjakan dengan suasana ala film Hollywood lengkap dengan mobil dan motor pabrikan Amerika seperti Harley Davidson. Tampak pula sejumlah patung aktris dan aktor terkenal seperti Angelina Jolie dan Brad Pitt di area ini. Sejumlah koleksi menarik seperti mobil bekas Presiden RI pertama, Soekarno, mobil Tucuxi ringsek yang dikendarai Dahlan Iskan, dan mobil Bentley yang pernah dikendarai Ratu Elizabeth juga dipamerkan di sini. Tak ketinggalan, kendaraan tradisional seperti becak, mobil, sepeda onthel, motor, bajaj, angkutan umum jaman dulu, perahu layar, dan helikopter pun ada di sini.

Lelah mengelilingi area museum, Anda dapat beristirahat sejenak sekaligus menikmati kuliner khas Amerika di Mel’s Drive in Café di Zona Hollywood. Bisa pula bersantai di Pasar Apung Nusantara. Area ini menghadirkan berbagai masakan dan oleh-oleh nusantara dengan latar belakang berkonsep adat Nias, Papua, Jawa, dan Dayak.

foto: www.inijie.com

foto: www.inijie.com

Yang menarik, terutama bagi penggemar foto, tempat ini punya segudang spot menarik untuk berfoto narsis. Bahkan, Museum Angkut Batu juga menyewakan tempat bagi Anda yang ingin mengadakan berbagai kegiatan yang menyangkut dunia angkutan seperti pameran, event komunitas, kontes modifikasi, lelang, launching produk otomotif, CSR bidang angkutan, dan lain-lain.

Harga tiket masuk Museum Angkut yang buka setiap hari mulai jam 12.00 – 20.00 WIB ini adalah Rp 50.000 (Senin–Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat –Minggu). Jika Anda membawa kamera pocket, SLR dan handycam, maka akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 30.000 per perangkat.

Akses menuju Museum Angkut cukup mudah. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 50 menit dari kota Malang. Lokasinya berada di sudut jalan satu jalur dengan Jatim Park 1, tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung nomor 2. Anda bisa mengikuti jalur/rute menuju Jatim Park 1 untuk mencapai museum ini. Dari luar, bangunan gedung museum tampak mencolok dengan sebuah tower roket yang unik sehingga memudahkan wisatawan menemukan lokasi.

Jangan lupa untuk mampir ke Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 yang tak jauh dari lokasi museum. Sempatkan juga mengunjungi Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo, Taman Rekreasi Sengkaling, dan Kusuma Agro Wisata. Selama berada di kota Batu, Anda bisa beristirahat di Rumah Jambuluwuk Batu, Purnama Hotel, atau Villa & Family Hotel Gradia.

Peta lokasi. Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  5 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • museum angkut surabaya
  • rute museum angkut malang
  • musium angkut surabaya
  • Museum angkot surabaya
  • apa yang bisA dinikmati dari museum angkot
  • travel surabaya museum angkot
  • peta museum angkut
  • peta lokasi museum NU Jawa timur
  • perjalanan surabaya ke museum angkut
  • musium angku

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,