Balaikota_malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang seperti kota-kota lainnya di Indonesia, berkembang dan meluas setelah hadirnya pemerintah kolonial Belanda. Hawa yang sejuk dengan suhu rata-rata 20-24 derajat celcius menjadikan Malang sangat ideal sebagai ‘kota peristirahatan’ di jaman Pemerintah Hindia Belanda. Kawasan yang mendapat julukan kota apel ini berdiri pada tanggal 1 April 1914 dengan luas 11.005 ha.

Balai-Kota-MalangSebelum tahun 1914, Malang masih merupakan daerah bagian dari Karesidenan Pasuruan. Kekuasaan tertinggi di Malang adalah asisten residen yang kantornya terletak di sebelah selatan alun-alun Malang (sekarang KPPN – Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara). Setelah status Kota Malang diubah menjadi Kotamadya pada tanggal 1 April 1994, maka sejak itu kota Malang dipimpin oleh seorang walikota dan ia berhak memerintah daerahnya sendiri.

Malang tumbuh dan berkembang menjadi kota yang cukup maju tanpa melupakan sejarah. Termasuk bangunan-bangunan tua yang kini menjadi saksi bisu peradaban kota bunga ini. Salah satu bangunan pemerintah yang masih terawat hingga kini adalah balai kota. Balai Kota Malang terletak di Jalan Tugu dan tepat di depannya menjulang Monumen Tugu yang dikelilingi oleh taman yang lebih dikenal dengan Alun-Alun Bunder. Gedung ini tampak menarik dan mudah ditemui karena berada di jantung Kota Malang.

balai-kota-malang-featuredBalai Kota Malang ini dibangun pada jaman penjajahan Belanda. Sampai sekarang gedung ini masih digunakan sebagai jantung pemerintahan kota Malang. Bangunan yang hampir menyerupai gedung sate Bandung ini merupakan ikon dari Kota Malang. Balai Kota Malang menyimpan daya tarik tersendiri bagi warga maupun para pengunjung. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang pasti ingin berkunjung atau melihat gedung Balai Kota Malang ini. Dari kawasan gedung ini Anda dapat menikmati pemandangan Alun-alun Tugu. Di sekitar Balai Kota juga terdapat beberapa bangunan sekolah dan hotel seperti Hotel Splendid In, Skodam Brawijaya, dan SMA 1,3,4 yang masih berdiri kokoh.

Gedung Balai Kota Malang berdekatan dengan Tugu Kota Malang, Stasiun Kota Baru Malang, Pasar Burung Splendid, Pasar Buku Wilis, Museum Kota, dan lain-lain. Selama di kota apel ini, Anda bisa menginap di beberapa hotel yang letaknya tidak begitu jauh dari obyek wisata Malang. Adapun hotel yang kami rekomendasikan adalah Hotel Tugu Malang, Santika Premiere Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, dan lain-lain.

Peta lokasi balai kota Malang. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • balai kota malang
  • Kota Malang
  • gambar balai kota malang
  • balaikota malang
  • gambar kota malang
  • landmark kota malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,