tugu-kota-malanggSeperti halnya Yogyakarta yang mempunyai ciri khas dengan tugu Jogja, Malang juga memiliki tugu. Tugu di kota Apel ini terletak tepat di pusat pemerintahan kota. Tugu ini juga sering disebut Alun-alun Bunder, Taman Tugu Bunder, dan Alun-alun Tugu. Tugu yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda ini masih terlihat kokoh hingga sekarang.

Tugu yang menjadi kebanggaan dan ikon Kota Malang ini dulunya merupakan Taman Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.P. Zoen Coen. Di sekeliling tugu terdapat kolam yang di tumbuhi lili air dan teratai serta dikelilingi oleh pohon trembesi raksasa yang berusia sangat tua. Oya, tugu ini memiliki kisah dan sejarah tersendiri. Monumen Tugu yang berada di tengah melambangkan pusat untuk kelima penjuru arah, dimana arah yang lebih diutamakan adalah yang menuju Gedung Balaikota. Sedangkan keempat arah lainnya mewakili jalan raya yang berada di luar lingkaran taman ini.

Bentuk monumen Tugu juga memiliki arti tersendiri. Puncaknya berbentuk bambu tajam yang berarti bahwa senjata inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia untuk melawan penjajah. Ada juga rantai yang menggambarkan kesatuan rakyat Indonesia yang tidak dapat dipisahkan. Makna lainnya juga terletak pada tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut, bintang yang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi. Jika digabungkan maka hal ini melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Sementara itu, bunga teratai berwarna putih dan merah yang berada di kolam sekeliling tugu melambangkan keberanian dan kesucian. Hal ini sesuai dengan warna bendera Indonesia.

alun-alun-bunderDi kompleks tugu Kota Malang ini terdapat alun-alun atau taman yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Alun-Alun Bundar ini kerap menjadi lokasi untuk sesi foto prewedding. Keindahannya memang mempesona. Menariknya, meskipun berada di salah satu jalur padat Kota Malang tetapi kawasan wisata ini tetap terasa sejuk dan tidak ada polusi.

Waktu paling pas untuk datang ke alun-alun ini adalah pada pagi atau sore hari dimana sering terdapat banyak orang melakukan aktivitas olahraga. Jika malam hari alun-alun Tugu akan disinari berbagai macam warna lampu yang semakin menambah keindahan taman. Selain itu, kesan romantis dan tenang akan terpancar dari spot lampu hias tersebut.

tugu-kota-malang-2Untuk mencapai Tugu Kota Malang, aksesnya sangat mudah. Dari arah Jl. Ijen tinggal ke Utara, dari arah stasiun Kota Malang tinggal ke barat. Anda bisa menginap di Tugu Malang Hotel, Mutiara Hotel, Santika Premiere Malang Hotel, atau Purnama Hotel selama di kota Malang.

Selain terletak tepat di depan Kantor Balai Kota Malang, Alun-Alun Tugu Kota Malang juga terletak dekat dengan beberapa gedung seperti SMA 1 dan SMA 4, kantor DPRD Kota Malang, Hotel Tugu, serta stasiun kereta api kota Malang. Pengunjung juga tidak akan butuh waktu lama untuk menuju beberapa pusat perbelanjaan seperti Ramayana, Mitra, Gajahmada, Sarinah, Malang Plaza, atau Matahari Department Store. Selain itu, pengunjung hanya perlu berjalan 5 menit untuk sampai di pasar hewan dan pasar bunga Splendid atau pasar buku Wilis, dan juga dekat dengan Stasiun Kota Baru Malang.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • ikon kota malang
  • tugu kota malang
  • tugu malang
  • alun alun surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,