Selain penuh obyek wisata alam, Malang juga memiliki destinasi wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa situs peninggalan sejarah dapat kita temui di kota apel ini. Salah satunya adalah Candi Kidal.

candi-kidal,,Mungkin belum banyak orang yang mengenal Candi Kidal sebab candi ini memang belum terkenal seperti Candi Singosari. Padahal jika ditelusuri, Candi Kidal tidak kalah menarik. Situs purbakala ini bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang menyukai wisata budaya dan sejarah.

Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 20 km ke arah timur dari kota Malang. Konon situs ini dibangun pada masa peralihan kekuasaan dari Kerajaan Airlangga ke Kerajaan Kediri, atau sekitar pertengahan abad 12. Uniknya, candi ini merupakan candi pemujaan paling tua di Jawa Timur.

Candi Kidal tepatnya dibangun pada 1248 M, setelah upacara pemakaman ‘Cradha’ untuk Raja Anusapati dari Kerajaan Singasari. Tujuan pembangunan candi ini adalah untuk mendarmakan Raja Anusapati, agar sang raja mendapat kemuliaan sebagai Syiwa Mahadewa. Yang menarik dari Candi Kidal adalah relief kisah garuda yang dipahat paling lengkap dibandingkan dengan candi-candi lainnya di Jawa.

candi-kidal-reliefKisah garuda yang terukir cantik di situs bersejarah ini diambil dari salah satu serat Jawa Kuno mengenai Garudheya. Masyarakat Jawa Kuno khususnya yang mendapat pengaruh Hinduisme meyakini dan percaya pada cerita ini. Mitos Garudheya mengisahkan perjuangan seekor garuda yang berhasil membebaskan ibunya dari perbudakan dengan tebusan air suci amerta (air kehidupan).

Konon relief mitos Garudheya dibuat untuk memenuhi amanat Anusapati yang ingin meruwat Ken Dedes, ibunda yang sangat dicintainya. Mitos Garudheya tertuang secara lengkap dalam relief di seputar kaki candi. Untuk membacanya digunakan teknik prasawiya (berlawanan dengan arah jarum jam), dimulai dari sisi selatan. Relief pertama menggambarkan seekor garuda menggendong 3 ekor ular besar, relief kedua melukiskan seekor garuda dengan kendi diatas kepalanya, dan relief ketiga garuda menggendong seorang wanita. Di antara ketiga relief tersebut, yang tampak masih utuh dan paling indah adalah relief kedua.

Oya, nama Candi Kidal sendiri diambil dari keunikan relief yang terdapat di makam Raja Anusapati ini. Dalam bahasa Jawa Kuno ‘kidal’ berarti kiri. Tidak seperti candi pada umumnya yang mengukir hiasan searah jarum jam atau berputar ke kanan, di Candi Kidal relief diukir sebaliknya ke arah kiri.

candi-kidal2Bangunan candi seluruhnya terbuat dari batu andesit dan berdimensi geometris vertikal. Tubuh candi berdiri di atas batur (kaki candi) setinggi sekitar 2 m. Untuk mencapai selasar di lantai kaki candi dibuat tangga batu tepat di depan pintu. Menariknya, anak tangga dibuat tipis-tipis sehingga dari kejauhan tidak tampak seperti tangga masuk. Uniknya, pada tangga batu ini tidak dilengkapi pipi tangga berbentuk ukel sebagaimana dijumpai di candi lainnya. Namun di kiri-kanan anak tangga pertama terdapat badug (tembok rendah) berbentuk siku yang menutup sisi samping dan sebagian sisi depan kaki tangga. Badug seperti ini tidak terdapat di candi lainnya.

Pintu candi Kidal menghadap ke barat, dilengkapi bilik penampil dengan hiasan kalamakara (kepala Kala) di atas ambangnya. Hiasan kepala kala ini tampak menyeramkan, matanya melotot dan mulut terbuka serta 2 taring besar dan bengkok memberi kesan dominan. Di tambah lagi, pada sudut kiri dan kanan terdapat jari tangan dengan mudra (sikap) mengancam,  membuat kesan seram patung ini makin sempurna. Di kiri dan kanan pintu terdapat relung kecil tempat meletakkan arca yang dilengkapi dengan bentuk ‘atap’ di atasnya. Di atas ambang relung-relung ini juga terdapat hiasan kalamakara.

candi-kidallKeunikan lainnya dari candi yang memiliki luas 35 m2 ini terletak pada atapnya. Atap Candi Kidal berbentuk kotak bersusun tiga, makin ke atas makin mengecil. Puncaknya tidak runcing, melainkan persegi datar dengan permukaan yang cukup luas serta tidak dihiasi stupa. Konon dulu di setiap sudut lapisan atap candi dipasang sebuah berlian kecil.

Pada dinding dan sekeliling kaki candi dihiasi pahatan bermotif medalion yang berjajar diselingi bingkai bermotif bunga dan sulur-suluran.  Di kiri dan kanan pangkal tangga serta di setiap sudut yang menonjol ke luar terdapat patung binatang mirip singa dalam posisi duduk. Patung-patung ini terlihat seperti sedang menyangga pelipit atas kaki candi yang menonjol keluar dari selasar.

Jika menelusuri relief-relief di candi Kidal dengan seksama, akan terlihat betapa indah dan megah candi peninggalan Kerajaan Singasari ini.  Situs-situs bersejarah lainnya yang dapat Anda kunjungi di Malang yaitu Candi Jago, Candi Singosari, dan Candi Badut. Selama di kota ini, Anda dapat menginap di Hotel Trio Indah, Santika Premiere Malang Hotel, Regent’s Park Hotel, atau Hotel Sahid Montana.

Oya, untuk menuju Candi Kidal dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Anda tinggal menuju daerah Tumpang dan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Bisa pula menggunakan angkutan umum, namun Anda harus mencarter angkutan tersebut supaya bersedia mengantar Anda menuju lokasi candi. Obyek wisata ini buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuk, pihak pengelola belum menetapkan harga resmi, namun sukarela dari pengunjung.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  11 Februari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • candi kidal
  • candi kidal merupakan makam
  • candi kidal merupakan makam dari
  • candi kidal merupakan makam raja
  • candi peninggalan kerajaan singasari merupakan makam raja candi kidal merupakan makam
  • makam anusapati
  • gambar candi kidal
  • foto candi kidal
  • candi kidal tumpang malang
  • legenda candi kidal

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,