Museum-WR-Soepratman2

Wage Rudolf Supratman dilahirkan pada Senin 9 Maret 1903 di Jatinegara, Jakarta. Sang ayah bernama Senen seorang sersan di Batalyon VIII. Kebisaanya bermain gitar dan biola karena diasuh oleh kakak iparnya yang bernama WM Van Eldik (Sastromiharjo).

Museum-WR-Soepratman3Pada penutupan konggres pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, WR. Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya yang berjudul Indonesia Raya secara instrumentalia. Semenjak itu lagu tersebut selalu diperdengarkan pada setiap konggres berlangsung. Lagu yang merupakan perwujudan dari keinginan bersama untuk sebuah kemerdekaan.

Semenjak menciptakan lagu Indonesia Raya WR. Supratman sering diburu oleh pihak Belanda. setelah menciptakan lagu yang berjudul Matahari Terbit yang merupakan lagu terakhirnya. Ia di jebloskan ke Penjara Kalisosok hingga wafat pada tanggal 17 Agustus 1938. Lagu Indonesia Raya sendiri akhirnya dijadikan sebagai lagu kebangsaan setelah Pemerintah Regulasi 44 mengumumkannya pada tanggal 26 Juni 1959.

Sebagai bentuk penghormatan Negara terhadap WR. Supratman maka sebuah Museum-WR-Soepratman1bangunan yang berada tidak jauh dari Gelora 10 Nopember tepatnya Jalan Mangga 21 Tambaksari, Surabaya dijadikan sebuah Museum. Bangunan ini pernah ditinggali oleh WR. Supratman pada tahun 1936 hingga 1938. Museum ini diresmikan pada 28 Oktober 2003 oleh Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata waktu itu I Gede Artika. Bangunan inipun sudah menjadi benda cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang No. 592 dan Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1993.

Di museum ini kita dapat melihat tulisan asli saat WR. Supratman membuat lagu Indonesia Raya serta biola yang selalu menemaninya saat menciptakan lagu-lagu kebangsaan. Beberapa foto keluarga WR . Supratman juga turut menghiasi museum ini serta beberapa pigura yang berisi lagu-lagu ciptaan beliau. Pada halaman museum juga dibangun sebuah patung berwarna hitam yang menggambarkan seorang pria berkacamata dengan menggunakan jas dan dasi sedang memainkan biola. Patung tersebut tidak lain adalah patung pencipta lagu Indonesia Raya WR. Supratman.

 

How to get There :

Lokasi ini mudah dicapai, bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Lokasi Terdekat :

Beberapa lokasi yang berdekatan dengan Jl. Kayon diantaranya Tugu Pahlawan, Pasar Turi dan Kembang Jepun

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Twin Hotel, Hotel Ibis Rajawali atau V3 Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Museum WR Supratman di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • lagu ciptaan wr supratman diantaranya adalah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,