museum-satwa5

Bagi sebagian orang khususnya anak-anak, berlibur ke museum biasanya dianggap kurang seru.
Image yang melekat pada museum selama ini selalu identik dengan pameran barang-barang kuno yang cenderung kusam dan membosankan. Namun tidak demikian dengan museum yang ada di Malang ini. Penasaran?

museum-satwaCobalah ajak anak-anak atau keluarga Anda ke Museum Satwa. Objek wisata yang berlokasi di kota Batu Malang ini merupakan salah satu museum dengan konsep menarik yang patut dikunjungi. Tampilan museum dibuat berbeda sehingga menyenangkan dijadikan tempat belajar khususnya tentang satwa. Museum ini adalah salah satu karya luar biasa yang menggabungkan seni lukis dan satwa. Konsep yang diusung adalah museum bergaya kontemporer. Lalu, apa saja yang bisa kita nikmati di Museum Satwa? Yuk wisata sejenak di museum ini.

Museum Satwa merupakan salah satu theme park yang berada di Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) yang terletak di Jalan Oro-Oro Ombo no. 9 Batu – Malang. Lokasinya sekitar 20 km sebelah barat Kota Malang. Objek wisata yang menjadi salah satu ikon baru wisata Jawa Timur ini memiliki struktur bangunan yang terlihat klasik. Pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, terdapat patung-patung lucu dan menarik. Ada pula lampu-lampu dengan bentuk rusa yang indah saat malam hari. Bangunan bergaya Yunani kuno ini berdiri tegak, berjajar dengan pohon kubah raksasa yang dari luar mirip dengan binatang purba Triceratops. Di sebelah bangunan ini terdapat wahana Batu Secret Zoo.

Museum-Satwa-Jawa-Timur-Park-BatuMenariknya, museum Satwa bukan lagi sebuah museum yang bisa dipandang sebelah mata. Museum ini menyajikan koleksi bertaraf internasional dan merupakan  satu-satunya yang ada di Indonesia. Arsitektur bangunan, koleksi satwa, serta diorama alami di dalam museum ini dapat menjadi sarana pendidikan dan menambah pengetahuan pengunjung. Sarana pembelajaran bagi anak juga tersedia di tempat wisata ini. Dengan konsep yang menarik, anak-anak tidak akan bosan berkunjung di museum ini. Interior di museum Satwa juga ditata dengan baik sehingga membuat suasananya seperti museum luar negeri.

Museum Satwa memiliki ribuan koleksi binatang yang sudah diawetkan meliputi mamalia, burung, reptil, serangga, dan binatang laut. Semua binatang awetan tersebut didatangkan dari beberapa negara di berbagai belahan dunia seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Arktik, dan Antartika. Proses pengawetan dikerjakan dengan sangat halus dan teliti, sehingga pengunjung bisa menyaksikan detail bentuk dan ukuran binatang persis seperti aslinya. Sesuai dengan tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh dari hewan yang telah mati. Bukan sengaja diburu. Selain itu museum ini juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.

museum-satwa-pole-animalMuseum Satwa memiliki 4 gedung utama dengan latar belakang Gunung Panderman. Beberapa area yang cukup terkenal di museum ini antara lain Insectarium, Khasanah Pengetahuan Fauna, Pameran Fosil, Live show animal, dan lain-lain. Bagi Anda pecinta serangga, insectarium ini  tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat menikmati ribuan jenis serangga dari dalam negeri maupun dari berbagai negara.

Hal menarik lain yang ada di museum ini yaitu pameran fosil. Aneka fosil yang dipamerkan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Fosil-fosil direkonstruksi sehingga menyerupai struktur satwa sebenarnya. Misalnya, fosil dinosaurus. Oya, di museum ini juga terdapat pertunjukan hewan yang bisa Anda saksikan setiap hari pada pukul 11.00 WIB. Live show animal ini merupakan perpaduan teknologi canggih antara video animasi layar lebar, laser warna warni, dan boneka hewan robot yang mengisahkan tentang kehidupan hewan-hewan pada zaman es.

museum-satwa-kittyNah, jika Anda lelah jalan-jalan dan tiba-tiba perut lapar, tak perlu cemas. Terdapat Jungle Fast Food dengan desain unik berkonsep rimba raya yang pastinya hanya ada di Museum Satwa. Anda akan menikmati pengalaman berbeda yakni makan ditemani hewan dan kursi yang bisa berputar. Di sekeliling lokasi ini mudah dijumpai hotel dan pedagang suvenir. Museum satwa buka jam 09.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 20.000 per orang.

Akses menuju Museum Satwa cukup mudah. Rutenya sama seperti menuju Batu Secret Zoo. Dari Surabaya menuju ke kota Batu – Malang dapat lewat jalan tol Surabaya – Malang, menuju ke Jl. Raya Porong (kawasan Lumpur Lapindo) – Gempol – Pandaan – Purwosari – Purwodadi – Lawang – Singosari – Karanglo. Sampai di pertigaan Karanglo (Bentoel) langsung belok ke kanan. Jalan lurus terus sampai di pertigaan traffic light Karangploso, lalu belok kiri dan lurus terus sampai menemukan jembatan. Jalan lurus terus sampai pertigaan, belok ke kanan menuju jalan raya ke arah Batu. Ikuti saja petunjuk dan rambu-rambu yang sudah banyak terpasang menuju lokasi Jatim Park 2.

Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengunjungi area lain di Jatim Park 2 yaitu Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Selain itu, sempatkan pula mengunjungi Jatim Park 1 dan BNS yang lokasinya cukup dekat. Selama di Malang, Anda bisa menginap di Villa & Family Hotel Gradia, Kusuma Agrowisata Hotel, atau Rumah Jambu Luwuk.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 4 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • batu secret zoo
  • museum satwa
  • secret zoo malang
  • museum satwa malang
  • taman dinosaurus malang
  • sejarah museum satwa jatim park 2
  • sejarah museum satwa
  • museum satwa jatim park 2
  • museum hewan purba
  • sejarah museum hewan purbadi jawa timur

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,